Jl. Sultan Adam Komplek Mandiri Permai RT 34 No. 45

daksabanua27717@yahoo.com

Terinspirasi Putrinya, Wawan Kurniawan Mendirikan Daksa Banua, Ini Tujuannya

Berawal dari keresahannya sebagai seorang ayah yang melihat tidak maksimalnya pendidikan yang diterima putrinya sebagai penyandang tuna daksa, Wawan Kurniawan akhirnya berinisiatif mendirikan sebuah yayasan yang dapat memenuhi kebutuhan para penyandang tuna daksa, salah satunya adalah pendidikan.

“Tahun lalu, saya dipanggil kepala SD LB, dengan berat hati beliau menyampaikan bahwa sekolahnya tidak bisa melayani anak tuna daksa cerebral palsy. Bila masih ingin meneruskan juga harus ke Pulau Jawa,” kata Wawan Kurniawan.

Putri Kurniawan yang bernama Syifa Arina Nur Aisha telah menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SDLB YPLB Banjarmasin, namun tidak bisa meneruskan pendidikannya karena belum adanya sekolah yang mendukung penyandang tuna daksa.

Sejak itu, cetus ayah dua anak yang biasa dipanggil Wawan ini, ia bertekad mewujudkan mimpinya membangun sebuah yayasan dan memberikan pendidikan yang layak sesuai kebutuhan penyandang tuna daksa.

“Alhamdulillah yayasan Daksa Banua sudah berdiri, cuma tempatnya masih belum ada. Sementara ini kegiatan masih dilakukan di rumah, dan sebetulnya masih belum layak untuk mereka,” jelas salah satu pengurus Partai Perindo ini.

Dengan berdirinya Daksa Banua, Wawan berharap para penyandang tuna daksa mendapatkan pendidikan dan terapi sesuai ketunaan mereka.

“Mimpi saya di Kalsel nanti ada SLB D, dan mudah-mudahan daksa banua bisa mewujudkannya tentu saja dengan dukungan pemerintah,” harap Wawan.

Menurutnya di Daksa Banua, anak penyandang tuna daksa dikelompokkan sesuai dengan kelemahannya kemudian dilatih untuk mandiri, tentu saja dengan pembimbing yang penuh cinta kasih dan mengerti kekurangan yang mereka miliki.

“Ini kendala yang ada di Kalsel, pendidik di SLB sekalipun sering kurang memahami ketunaan para siswanya, dan saya sedang memperjuangkan itu, semoga nanti ada pendidik yang benar-benar mengerti, dan semoga Daksa Banua bisa merealisasikannya,”pungkas Wawan.



Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Terinspirasi Putrinya, Wawan Kurniawan Mendirikan Daksa Banua, Ini Tujuannya, https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/01/23/terinspirasi-putrinya-kurniawan-mendirikan-daksa-banua-ini-tujuannya.
Penulis: Eka Dinayanti | Editor: Eka Dinayanti

More from the blog

Visi Misi

Berawal dari kesepakatan para orang tua murid yang gelisah terhadap layanan proses belajar mengajar pada anak tuna daksa di SLB YPLB, Jalan Yos Sudarso,...

KOMISI IV DPRD KALSEL GELAR AUDIENSI DENGAN YAYASAN DAKSA BANUA

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memenuhi permohonan audiensi Yayasan Sosial Kemanusiaan Daksa Banua. Audiensi yang dilaksanakan di ruang Komisi...

Yayasan Daksa Banua, Surganya Para Anak Tuna Daksa

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Berawal dari kesepakatan para orang tua murid yang gelisah terhadap layanan proses belajar mengajar pada anak tuna daksa di SLB YPLB, Jalan...
× Hubungi Kami